Broken Beach, Surga Kolam Tersembunyi di Pulau Dewata

Sejumlah wisatawan yang berlibur ke Bali memilih tour nusa penida untuk mendapatkan pengalaman maksimal dan terjangkau. Apalagi sekarang jumlah objek wisata di Nusa Penida semakin banyak serta menawarkan potensi menarik yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya. Bahkan bisa jadi lokasi-lokasi tersebut jauh lebih menarik dibandingkan Kuta, Sanur, Jimbaran, Seminyak, atau Tanjung Benoa yang notabene merupakan daya tarik Pulau Dewata sejak lama.

Nah, satu dari sekian tempat liburan di Nusa Penida yang patut Anda sambangi adalah Broken Beach. Apa saja hal-hal menarik yang ditawarkan pantai tersebut?

Keunikan yang ditawarkan Broken Beach

Broken Beach dikenal juga sebagai Pantai Pasih Uug. Dalam bahasa Bali, pasih uug berarti pantai rusak. Meski demikian, bukan berarti Broken Beach tak enak dipandang. Pasalnya, salah satu objek yang belakangan masuk ke dalam paket tour murah nusa penida ini menghadirkan keindahan yang tak akan bisa dilupakan siapa pun, khususnya bagi turis yang menyukai kegiatan-kegiatan ekstrem.

Pantai Pasih Uug, tak seperti kebanyakan pantai, mempunyai tebing setinggi 50 sampai 200 meter. Di bagian tengahnya, terdapat lubang membentuk terowongan atau gua yang dialiri air laut. Jadi, Anda akan melihat kolam raksasa tersembunyi. Kemudian, di atas tebing yang membentuk lubang, Anda bisa melihat ‘jembatan’ yang terbikin dari bebatuan. Keunikan ini pula yang membuat Broken Beach makin sering dikunjungi wisatawan yang memilih paket liburan nusa penida.

Dianggap sebagai kembaran Uluwatu

Broken Beach yang berlokasi di Banjar Sampang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, kerap disandingkan dengan pantai yang berada di kawasan Uluwatu. Namun pastinya ada sejumlah perbedaan di antara kedua tempat ini. Misalnya, di Broken Beach, Anda tidak akan menemukan pura atau kera-kera liar yang berkeliaran. Beberapa turis yang pergi dengan paket tour nusa penida ke Pantai Pasih Uug juga rata-rata ke sana karena menyukai ombaknya yang relatif tenang.

Selain itu, Anda bisa menikmati berbagai kegiatan di Broken Beach selama mengambil travel nusa penida. Sebut saja jalan-jalan di hamparan rumput hijau sembari merasakan semilir angin. Penasaran dengan kesegaran air lautnya? Langsung saja berenang di laut sekitar pantai atau kolam tersembunyi yang menyuguhkan pemandangan tak terlupakan. Wisatawan-wisatawan yang pernah datang ke sana malah sempat menjumpai pari manta dan penyu saat menyusuri laut di Broken Beach. Kendati ombak di sini aman, akan lebih baik Anda meminta bantuan guide untuk mencegah hal-hal buruk.

Akses menuju Broken Beach di Nusa Penida

Broken Beach memang relatif mudah dijangkau mengingat lokasinya yang berada di salah satu pusat wisata Pulau Dewata. Setidaknya ada dua opsi yang ditawarkan saat Anda hendak menyambangi pantai dalam paket wisata nusa penida tersebut. Cara satu adalah dengan berangkat dari Pantai Sanur, lantas lanjutkan perjalanan memakai speed boat dengan waktu tempuh 30 sampai 45 menit. Sementara cara dua lebih praktis, karena Anda bisa memanfaatkan transportasi kapal feri dari Padang Bai.

Sesampainya di Nusa Penida, Anda masih harus melanjutkan perjalanan ke Broken Beach. Transportasi yang dapat dimanfaatkan bisa berupa kendaraan pribadi maupun sewaan yang tersedia di sekitar objek wisata. Ada pula motor kalau Anda pergi sendirian. Waktu tempuh yang dibutuhkan saat Anda memakai sewa mobil nusa penida adalah sekitar 1,5 jam. Semoga selamat sampai tujuan!