Pura Goa Giri Putri Temple, Wisata Religi di Nusa Penida Bali

Jika berbicara tentang paket liburan nusa penida memang tak akan ada habisnya. Hal ini dikarenakan Nusa Penida menyuguhkan banyak tempat wisata alam, wisata religi, dan wisata pantai. Salah satu objek wisata religi di Nusa Penida yang banyak diminati ialah Pura Goa Giri Putri Nusa Penida. Seperti kita ketahui, Pulau Bali memiliki ciri khas tersendiri khususnya mengenai adat istiadat, dan budayanya. Masyarakatnya kebanyakan beragama Hindu. Meskipun demikian tetap hidup berdampingan dan menyatu bersama agama-agama lainnya tanpa memandang ras maupun golongan. Pulau Bali sangat populer dengan julukan Pulau Seribu Pura, sama seperti Nusa Penida. Ada banyak pura-pura di sana yang menjaga keamanan dan kedamaian pulau.

Wisatawan yang berkunjung ke Nusa Penida Bali sangat antusias mengunjungi pura-pura. Selain menawarkan keindahan alam dan panorama di sekitarnya, pura-pura di Nusa Penida mempunyai arsitektur unik yang disukai oleh para wisatawan. Apalagi saat berkunjung di setiap odalan atau perayaan, wisatawan bisa melihat langsung bagaimana keunikan adat warga setempat maupun agamanya.

Lokasi Pura Goa Giri Putri di Nusa Penida

Jika kalian tertarik memilih paket tour nusa penida tepatnya ke Pura Goa Giri Putri ini, bisa mengecek lokasi Pura Goa Giri Putri. Pura ini berada di Desa Suana, tepatnya di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Bali. Adapun akses ke Nusa Penida dari Pelabuhan Buyuk misalnya, membutuhkan waktu selama 17 menit dengan jarak tempuh paling dekat sekitar 7,7 km. Sementara dari Pelabuhan Maruti ke Pura Goa Giri Putri jaraknya lumayan jauh kurang lebih 15 km, dengan lamanya waktu tempuh selama 32 menit.

Jadi, untuk pergi ke Pura Goa Giri Putri para wisatawan bisa mendatangi dari lokasi-lokasi seperti Pelabuhan Padang Bali dan Sanur yang terletak di Klungkung. Para wisatawan juga bisa menaiki speed boat, kapal penumpang yang bermuatan besar, maupun kapal nelayan saat pagi hari. Namun kebanyakan dari wisatawan yang pergi ke pura ini mengambil akses dari Sanur. Biasanya dari Sanur, mereka hanya memakai speed boat atau fast boat. Menaiki fast boat hanya membutuhkan waktu selama 30 menit saja. Pilihan moda transportasi tersebut juga sudah dipersiapkan tim travel nusa penida.

Apa Saja Keunikan Pura Goa Giri Putri Nusa Penida?

Pura Goa Giri Putri berada di sepanjang garis pantai. Akan tetapi untuk mencapai pura, Kalian harus menaiki anak tangga dan berjalan kaki. Biasanya pada waktu-waktu tertentu, seperti tilem dan hari purnama, para wisatawan ke Pura ini cukup banyak. Adapun yang membedakan Goa Giri Putri dari Pura lainnya ialah lokasi pura ini yang terletak di dalam goa. Jika Kalian memasuki goa, ada pintu yang ukurannya sangat sempit. Sesudah memasuki pintu goa, wisatawan harus berjalan jongkok hingga beberapa meter. Setibanya di lokasi, Kalian akan berdecak kagum dengan kehadiran pura di dalamnya. Selain itu, Kalian juga lebih bebas bergerak saat di dalam goa. Adapun panjang goa ini mencapai 310 meter yang ketinggiannya sekitar 10 meter. Jika Kalian tertarik berkunjung ke Pura ini, bisa langsung memilih paket wisata nusa penida.

Wisata Pura Goa Giri Putri

Ada banyak pilihan wisata yang dapat dikunjungi sesudah tour ke Goa Giri Putri. Seperti Pantai Atuh yang bisa ditempuh hanya dengan jarak 13 km saja. Kalian juga bisa tour atau berkunjung ke Raja Lima. Tak hanya itu saja, Kalian juga bisa berkunjung ke Watersport Semaya One karena letaknya masih satu desa dengan Goa Giri Putri. Untuk pergi ke watersport ini Kalian hanya memerlukan waktu 4 menit. Untuk menikmati tempat-tempat wisata di Nusa Penida tak ada salahnya jika Kalian juga memilih sewa mobil nusa penida!